Kemesraan Blue Bird – Gojek Kian Berlanjut

0
Armada taksi Blue Bird (foto: bluebirdgroup.com)

Jakarta, Marketmover – Kemesraan PT Blue Bird Tbk dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) kian berlanjut. Bahkan, teka-teki kepada siapa pemegang saham pengendali, PT Pusaka Citra Djokosoetono (Pusaka) menjual 4,325% sahamnya di Blue Bird pada 13 Februari 2020, kini terang benderang.

Blue Bird dan Gojek dalam siaran pers bersamanya, Jumat (21/2/2020), menyiratkan terjadi pembelian saham Pusaka oleh Gojek pada 13 Februari 2020. Dengan harga penjualan Rp 3.800 per saham, pembelian saham tersebut menjadikan Gojek menjadi salah satu pemegang saham minoritas.

Sebagaimana diberitakan, Pusaka melego 108.207.016 lembar saham yang dimilikinya di Blue Bird seharga Rp 3.800 per saham, Kamis (13/2/2020). Artinya, Pusaka meraup sekitar Rp 411,18 miliar dari penjualan saham perusahaan berkode saham BIRD tersebut. “Tujuan dari transaksi (penjualan saham) (untuk) bisnis,” jelas Jusuf Salman, kuasa direksi PT Pusaka Citra Djokosoetono, dalam suratnya kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (14/2/2020).

Dalam surat itu disebutkan bahwa sebelum transaksi, kepemilikan Pusaka sebanyak 896.803.795 saham setara dengan 35,842%. Sesudah transaksi, kepemilikan Pusaka sebanyak 788.596.779 saham setara 31,517%. Artinya, saham Pusaka yang berpindah tangan ke pembeli sebesar 4,325%.

“Kami menyambut baik ketertarikan dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa untuk melakukan investasi melalui pembelian saham BIRD,” kata Noni Purnomo, direktur utama PT Blue Bird Tbk, Jumat (21/2/2020).

Dia menambahkan, bergabungnya Gojek sebagai salah satu pemegang saham menunjukkan bahwa Blue Bird sebagai penyedia transportasi merupakan partner yang strategis bagi Gojek. “Kami juga yakin langkah ini akan semakin memperkuat kolaborasi antara kedua belah perusahaan, sekaligus mendukung usaha perusahaan untuk secara konsisten meningkatkan layanan Blue Bird terhadap konsumen,” ujarnya.

Melalui kerja sama ini, selain memperkuat kolaborasi yang sudah terjalin sebelumnya, GoPay akan mengimplementasikan kode QRIS sebagai salah satu metode pembayaran di taksi Blue Bird. Lebih lanjut, kehadiran GoPay juga akan terintegrasi ke dalam aplikasi MyBluebird.

Di sisi lain, Kresna Djokosoetono, direktur utama Blue Bird Group Holding, mengtakan, pihaknya juga menaruh kepercayaan terhadap PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. :Hal tersebut juga terwujud melalui pembelian saham di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa,” kata dia.

Jadi, kemesraan Blue Bird – Gojek pun kian berlanjut. (mm1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here