Kresna Marah Besar Dikaitkan dengan Kasus Jiwasraya

0
ilustrrasi reksa dana (Money Crashers)

Jakarta, Marketmover – PT Kresna Asset Management (KAM) berang dikaitkan dengan skandal PT Asuransi Jiwasraya. KAM menegaskan, sama sekali tak terkait dengan kasus itu.

“Pemberitaan itu tidak benar dan tidak sesuai dengan fakta yang ada,” ujar manajemen KAM dalam keterangan resmi, Rabu (13/2/2020).

KAM juga menegaskan, sampai detik ini, seluruh produk KAM tidak mengalami gagal bayar. Oleh sebab itu, berita yang dimuat salah satu media online nasional tidak benar dan tidak sesuai dengan fakta yang ada.

KAM memastikan, sampai Rabu (13/2/2020, tidak ada satupuun produk reksa dana (RD) yang tak bisa dicairkan. Satu hal lagi, KAM tidak pernah mengeluarkan surat utang jangka menengah.

Sebelumnya, salah satu media online menulis KAM gagal bayar produk RD. Nasabah KAM disebut tidak bisa mencarikan RD. Pemicunya, tulis berita itu, aset dasar RD KAM adalah MTN yang tak bisa dibayarkan. Kemudian, media itu mencoba mengaitkan Kresna dengan Jiwasraya, yang dibantah keras oleh manajemen KAM.

Industri reksa dana (RD) nasional memang tengah terguncang aksi penarikan dana besar-besaran dan pembubaran paksa oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kabar terbaru, manajer investasi (MI) besar sekelas PT Schroder Investment Management Indonesia saja ikut membubarkan produk RD.

Dalam pengumuman yang dilihat Rabu (12/2/2020), Schroder membubarkan RD Schroder Providence Fund. Pemicunya adalah seluruh pemegang unit penyertaan telah menjual kembali seluruh unit. Alhasil, saat ini, sudah tidak ada pemegang unit penyertaan dalam RD tersebut. (mm2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here