Dibantu Panin Sekuritas, Mahkota Group Buyback Saham Rp 20 Miliar

0
Pabrik kelapa sawit PT Mahkota Group Tbk (Foto Kontan Dok MGRO)

Jakarta, Marketmover –  PT Mahkota Group Tbk akan melakukan pembelian kembali (buyback) saham maksimal Rp 20 miliar. Perseroan menunjuk PT Panin Sekuritas Tbk untuk melakukan buyback saham dengan memperhatikan peraturan perundangan yang berlaku.

Buyback saham akan dilakukan secara bertahap dalam periode 19 Maret sampai dengan 18 Juni 2020. Pelaksanaan transaksi buyback akan dilaksanakan berdasarkan pertimbangan direksi perseroan melalui Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak melebihi 20%  dari jumlah modal disetor, dengan ketentuan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5% dari modal disetor dalam perseroan,” kata Direktur PT Mahkota Group Tbk, Nagian Toni dalam ketetrbukaan informasi BEI di Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Direksi Mahkota Group, kata Nagian Toni, yakin buyback saham tidak memengaruhi kondisi keuangan perseroan. Sebab, sampai saat ini perseroan mempunyai modal kerja yang memadai untuk membiayai kegiatan usaha.

“Mahkota Group melakukan buyback sebagian sahamnya dengan memperhatikan kemampuan perseroan dan ketentuan yang berlaku,” jelas Nagian Toni.

Buyback saham akan menurunkan modal (aset dan ekuitas) Mahkota Group sebesar biaya buyback. Apabila perseroan menggunakan seluruh dana yang dicadangkan untuk buyback sebesar jumlah maksimum, jumlah modal akan berkurang Rp 20 miliar.

Mahkota Group yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 2,36 triliun itu mempunyai sejumlah pabrik pengolahan kelapa sawit yang berlokasi di Sumatera Utara dan Riau.

Dalam perdagangan Jumat (20/3/2020), harga saham PT Mahkota Group Tbk dengan kode MGRO itu naik 1,6%, dari harga Rp 625 menuju Rp 635. (mm3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here