Korona Rusak Saham dan Fundamental Dua Raksasa Media

0

Jakarta, Marketmover – Merebaknya kasus virus korona (Covid-19) bakal merusak saham dan fundamental dua raksasa media, yakni PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) dan PT Surya Citra Media Tbk (SCM), induk SCTV dan indosiar.

Danareksa Sekuritas mencatat, jika kasus Covid-19 berlangsung lama, daya beli konsumen akan terpangkas. Imbasnya, kinerja perusahaan yang biasa mengiklan di televisi (TV) tergerus. Alhasil, belanja iklan bakal dipangkas.

Dari sini, Danareksa menurunkan proyeksi pendapatan MNC yang berkode saham MNCN sebesar 2,8% dan SCM yang berkode saham SCMA 4,5% tahun ini. Seiring dengan itu, proyeksi laba bersih MNC dan SCM dipangkas 14,3% dan 12.8%.

Saat ini, tulis Danareksa, kinerja dua raksasa ini memang belum terpengaruh. Sebab, dengan adanya social distancing, orang lebih sering menonton TV dan menggunakan ponsel untuk mengakses layanan streaming.

RCTI+, tulis Danareksa, mencetak lonjakan pemnonton, demikian pula dengan TV free to air MNC, yakni RCTI, MNC TV, dan GTV. Selain itu, wabah Covid-19 membuat sejumlah kampanye below the line digeser ke TB.

“Grup media masih bisa bertahan dalam 2-3 bulan. Tetapi, jika pandemi berlangsung lama, pengiklan bakal memangkas anggaran yang merugikan perusahaan media,” tulis Danareksa, dalam laporan riset, Senin (23/3/2020).

Ancaman lain, tulis Danareksa, adalah depresiasi rupiah terhadap dolar AS. Per 2019, MNC memiliki utang dolar US$ 211,3 juta. Jika dolar lompat ke Rp 15 ribu, MNC bisa rugi kurs Rp 49,2 miliar.

Danareksa memprediksi pendapatan MNC tahun ini mencapai Rp 8,3 triluun dari sebelumnya Rp 8,6 triliun, sedangkan laba bersih Rp 1,9 triliun dari Rp 2,3 triliun. Sementara itu, pendapatan SCM diprediksi Rp 5,6 triliun tahun ini dari sebelumnya Rp 5,9 triliun, sedangkan laba bersih Rp 1,2 triliun dari Rp 1,3 triliun.

Danareksa masih menyematkan buy saham MNCN dan SCMA. Namun, target harga saham dipangkas menjadi masing-masing Rp 1.500 dan Rp 1.400, dibandingkan kemarin Rp 820 dan Rp 700. (mm2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here