Adem, BSD Jual Lahan Rp 1 Triliun Tahun Ini

0
PT Bumi Serpong Damai Tbk (Foto Industry.co.id)

Jakarta, Marketmover – PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSD) diprediksi menjual kavling tahan (land plot) Rp 1 triliun tahun ini. Sejauh ini, BSD telah menjual lahan Rp 286 miliar ke perusahaan patungan bersama Kawan Lama Group di Grand Wisata Bekasi.

“Perusahaan patungan itu akan membangun Living World Mall di Bekasi,” tulis Danareksa dalam laporan riset, Senin (30/3/2020).

Danareksa memprediksi marketing sales BSD tahun ini tumbuh 5% menjadi Rp 6,8 triliun. Jumlah itu di bawah target manajemen Rp 7,2 triliun, naik 11% dari tahun lalu.

Danareksa mencatat, perseroan membukukan laba bersih Rp 748 miliar kuartal IV tahun lalu, naik 101% dari periode sama tahun lalu. Alhasil, laba bersih tahun lalu naik 77% menjadi Rp 2,2 triliun. Jumlah itu 89% dan 113% dari prediksi Danareksa dan konsensus analis. Jika gain sekali (one off gain) dikeluarkan, laba bersih BSD mencapai Rp 6 triliun.

Tahun lalu, Danareksa mencatat, pendapatan emiten berkode saham BSDE ini mencapai Rp 7,1 triliun, naik 7%, di bawha target Danareksa Rp 7,8 triliun. Pendapatan dari pengembangan properti turun 6%, sedangkan investasi properti melesat 36%.

Rupanya, tulis Danareksa, BSD telah meraup pendapatan dari bisnis konstruksi, yakni Rp 121 miliar kuartal IV tahun lalu. Ini membuat pendapatan segmen investasi properti melejit. Saat ini, PT Trans Bumi Serbaraja, anak usaha BSD mulai membangun tol Serpong-Balaraja.

Danareksa mempertahankan rekomendasi beli saham BSDE dengan target harga Rp 900, berdasarkan diskon 71% dari RNAV Rp 62,9 triliun. Kemarin, saham BSDE turun 2,9% ke level Rp 670. (mm2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here