Bakrie Cemas Keuangan Perusahaan Terdampak Covid-19

0
PT Energi Mega Persada Tbk (Foto Bisnis)

Jakarta, Marketmover Chief Executive Officer PT Energi Mega Persada Tbk (EMP), Syailendra S Bakrie mengatakan, pihaknya sangat memberikan perhatian terhadap pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap pelemahan harga minyak dunia dan krisis global ekonomi. Kondisi ini dapat memengaruhi kondisi keuangan perusahaan.

“Namun demikian, Kami cukup beruntung karena lebih dari 90% dari jumlah cadangan dan produksi kami tahun lalu merupakan Gas Bumi. Kontrak Gas kami memiliki jangka waktu yang lebih panjang dan harga jual yang lebih konsisten sehingga dapat merupakan mitigasi atas harga minyak yang lebih berfluktuasi,” ujar Syailendra S Bakrie dalam keterangan tertulis, Selasa (31/3/2020).

Namun, dalam kesempatan itu, Chief Financial Officer EMP,  Edoardus Ardianto menjelaskan, penjualan bersih (EMP) pada 2019 sebesar US$ 334 juta atau naik 22% dibandingkan tahun lalu.

”Kami membukukan kenaikan penjualan sebesar 22% karena kinerja produksi yang baik tahun lalu. Kami juga terus melunasi utang perusahaan atau menurun 32% yang berdampak pada penurunan beban bunga dan likuiditas EMP yang membaik,” jelas Edoardus.

Selain penjualan, Edoardus turut menyampaikan Laba Usaha dan Laba Bersih masing-masing sebesar USD141 juta, dan USD28 juta dalam laporan keuangannya yang terkonsolidasi untuk periode 31 Desember 2019.

Sementara itu, Adinda A. Bakrie, Chief Communication EMP, juga menjelaskan, pihaknya telah menyampaikan penjelasan kepada Bursa Efek Indonesia dan OJK mengenai langkah-langkah yang

diambil perusahaan untuk mengantisipasi risiko penyebaran covid-19. Langkah-langkah tersebut termasuk di antaranya memberlakukan bekerja dari rumah yang ditunjang oleh infrastruktur IT yang layak, dan mendirikan command centre agar perusahaan dapat menjalankan crisis management dan business continuity management apabila diperlukan. EMP juga memberikan dukungan teknis dan administratif kepada blok-blok migasnya untuk memastikan kelancaran produksinya.

PT Energi Mega Persada Tbk dengan kode saham ENRG itu memiliki kapitalisasi pasar Rp 517,11 miliar. Dalam perdagangan Selasa (31/3/2020), harga saham ENRG tidak bergerak, tetap berada di harga Rp 50. (mm3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here