Jadi Beban, Garuda Metalindo Ketumpuan Bayar Utang MPF

0
PT Garuda Metalindo Tbk (Foto Alinea.ID)

Jakarta, Marketmover – PT Garuda Metalindo Tbk bersedia memberikan pinjaman atau menutup defisit cash flow PT Mega Pratama Ferindo (MPF) yang memiliki kewajiban kepada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

“Garuda Metalindo menyetujui dari waktu ke waktu, bertanggung jawab untuk membayar seluruh utang yang wajib dibayar oleh MPF secara penuh dan tepat waktu, termasuk kewajiban lainnya dalam perjanjian kredit termasuk adendum dan perpanjangan dan perjanjian-perjanjian lainnya antara Bank Mandiri dan MPF,” kata Direktur Utama Garuda Metalindo, Erwin Wijaya dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa (19/5/2020).

Menurut Erwin, Garuda Metalindo dengan kode saham BOLT itu membebaskan Bank Mandiri dan jajarannya dari segala risiko dan tuntutan hukum pada kemudian hari. Garuda Metalindo tidak akan melibatkan Bank Mandiri dan jajarannya apabila di kemudian hari terdapat permasalahan sehubungan dengan surat pernyataan ini.

“Pernyataan ini sudah sesuai dengan Anggaran Dasar PT Garuda Metalindo Tbk, peraturan perundang-undangan Perseroan Terbatas, Peraturan perundang-undangan Pasar Modal dan ketentuan hukum lainnya dan tidak dapat dibatalkan atau ditarik kembali sampai seluruh fasilitas kredit PT Mega Pratama Ferindo dinyatakan lunas oleh Bank Mandiri,” kata Erwin.

Garuda Metalindo, emiten komponen otomotif, melakukan akuisisi terhadap MPF yang merupakan perusahaan jasa steel wire and bar drawing. MPF merupakan perusahaan yang dimiliki PT Garuda Multi Investama dan JFE Shoji Trade Corporation, anak usaha JFE Steel Japan.

Dari riwayat kepemilikan MPF, JFE Shoci memiliki 10,0% saham pada 2016. Akuisisi Garuda Metalindo atas kepemilikan Garda Multi Investama yang pada akhirnya akan menguasai 69,75%.

Dalam perdagangan Senin (18/5/2020), harga saham BOLT tidak mengalami pergerakan, harga tetap berada di level Rp 665. Garuda Metalindo memiliki kapitalisasi pasar Rp 1,56 triliun. (mm3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here